Tahun ini adalah tahun ke 14 haul K.H. Zaini Abdul Ghani ( Abah Guru Sekumpul  ) ulama besar Kalimantan Selatan. Setiap tahun jemaah haul selalu bertambah. di haul ke 13 tahun kemarin diperkirakan kurang lebih sekitar 1,5 juta  jemaah yang menghadiri.
Adapun tahun ini haul diperkiran jemaah yang datang lebih dari tahun kemarin, tidak hanya masyarakat kalimantan haul ini di hadiri bagi pecinta abah guru seluruh dunia. selain dari itu para pecinta abah guru dengan suka rela memberikan makanan gratis serta penginapan gratis. sebagian besar para jemaah yang berasal dari luar kota jauh jauh hari mereka sudah datang untuk menghindari kemacetan. 
banyak hal unik di haul tahun ini, para jemaah yang berdatangan terhusus dari luar kota ada yang jalan kaki dari kota palangkaraya menuju sekumpul martapura dengan jarak tempuh 200KM, hal ini dilakukan karena jemaah tersebut mempunyai nadzar untuk bisa berhadir.
ada juga jemaah dari KALTIM yang mengendarai sepeda motor yang harus ditempuh dalam beberapa hari. niat menghadiri haul tahun ini tidak menyurutkan semangat para jemaah. kami berharap haul tahun ini berjalan dengan lancar, dan jemaah bisa kembali ke kampung halaman dengan selamat.

#sekumpul
#martapura
#kabbanjar
#kalimantanselatan

Tidak ada komentar