APA YA PENTINGNYA PENYUSUNAN DISAGRESASI MATRIKS?

APA YA PENTINGNYA PENYUSUNAN DISAGRESASI MATRIKS? 
AP FM - Kamis (5/4) Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banjarbaru menyelenggarakan Sosialisasi Penyusunan Disagresasi Matriks Pembentukan Modal Tetap Bruto atau PMTB. Sosialisasi diadakan di salah satu hotel di Banjarbaru.
Kepala Badan Pusat Statistik Kota Banjarbaru, Ari Dwi Prasetyo menyampaikan bahwa kegiatan ini dilandasi oleh prioritas nasional tahun 2018 terkait pengembangan dunia usaha dan pariwisata.
"Pertama, kegiatan ini dilandasi adanya prioritas nasional tahun 2018 terkait oengembangan dunia usaha dan pariwisata. Tujuan survey PMTB adalah untuk memperoleh gambaran Pembentukan Modal Tetap Bruto menurut jenis barang modal, lapangan usaha, dan sektor institusi, serta meningkatkan kualitas data neraca lain yang berkaitan dengan investasi" jelas Ari.
Ia menambahkan, terkait responden yang akan di survey untuk Kota Banjarbaru sebanyak 85 sampel, untuk Kalimantan Selatan sebanyak 1.031 sampel, dan untuk seluruh Indonesia Sebanyak 39.325 sampel.
Sosialisasi secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, Sa'id Abdullah. Ia berharap, kedepannya data yang didapatkan bisa bermanfaat dan membawa kemajuan. Sebelum membuka, Sa'id Abdullah memberikan himbauan untuk BPS Kota Banjarbaru yang akan melakukan survey PMTB. Beliau menghimbau agar akurasi menjadi perhatian penting bagi BPS karena data final BPS menjadi acuan bagi banyak orang.

"Akurasi dari BPS sangat penting karena setelah itu (data jadi) akan menjadi bahan bagi Pemerintah Kota, bahan di perguruan tinggi, bahan tesis mahasiswa, bahan bagi dosen-dosen yang mengajar, ini data dari BPS. Semoga bermanfaat dan dapat membawa kemajuan yang berarti bagi masyarakat dan daerah kita kedepan" kata Said.
Sa'id menambahkan, bukan hanya BPS, sampel yang mendukung penyelenggaraan survey juga harus memberikan data yang riil dalam proses survey, agar data final akurat dan empiris.
Acara ini dihadiri oleh undangan dari beberapa lembaga keuangan dan non keuangan, lembaga non-profit, dan beberapa dinas dan instansi di Kota Banjarbaru. (TYR/RDM/ASC)

Tidak ada komentar